Tarian Wisang Sanjaya di Pembukaan IPPBMM 2021

Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) se-Jawa dan Madura telah resmi dibuka pada hari ini, 21/06/2021. IPPBMM se-Jawa dan Madura ini akan digelar selama lima hari, mulai dari hari ini, Senin sampai dengan Jumat, 25/06/2021. Ada 30 cabang lomba yang dipertandingkan dalam IPPBMM tahun ini, dan dikarenakan terlaksana di masa pandemi, sebanyak 25 cabang lomba dilaksanakan secara daring dan 5 akan dilaksanakan melalui luring di UIN Sunan Kalijaga. Protokol kesehatan seperti pembatasan kehadiran, himbauan untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak, fasilitas untuk mencuci tangan dengan sabun telah disediakan serta steril ruangan dilakukan sebelum dan setelah pelaksanaan acara.

Acara Pembukaan berlangsung dengan lancar dan dimeriahkan oleh beragam penampilan tradisi kesenian. Salah satu pengisi acara pembukaan yang turut memeriahkan adalah penampilan Tari Wisang Sanjaya khas Gunungkidul oleh UKM Kalimasada UIN Sunan Kalijaga.

Tarian ini sengaja dipilih untuk prosesi pembukaan IPPBMM ke-8, yang mengisahkan tentang prajurit yang sedang berlatih untuk mempersiapkan pertandingan. Pada saat prosesi pembukaan, Sekjend Kemenag RI, Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag. menyerahkan panah kepada salah satu penari sebagai tanda dimulainya prosesi pembukaan IPPBMM

Kemudian panah tersebut di bawa ke atas panggung. Sembari mereka menari dan memanah virtual kemudian diarahkan ke LED.

Fitri Ayu Widyaningsih, salah satu penari dari UKM Kalimasada bercerita tentang kesannya dapat berkesempatan tampil pada acara pembukaan IPPBMM VIII 2021. “Kesannya saya merasa senang dan bangga, karena tidak semua orang bisa hadir apalagi tampil di acara besarnya kampus. Dan juga, tidak semua UKM ditunjuk untuk mengisi acara pembukaan di IPPBMM tahun 2021.”

Ketua UKM Kalimasada, Naufal Syafiq Al-Anshori, Mengatakan bahwa mereka antusias berlatih untuk memeriahkan acara pembukaan IPPBMM. "UIN Suka adalah rumah kami untuk mengeksplor kemampuan bakat kami selain di Bidang Akademik. Ini adalah suatu kehormatan bagi kami bisa bergabung dalam acara pembukaan IPPBMM. Terima kasih kepada segenap pihak yang terlibat atas pengalamannya."

Walau digelar secara daring dan luring terbatas, semoga apa yang kami tampilkan bisa dinikmati oleh semuanya.

Saksikan kemeriahan UKM Kalimasada menampilkan tarian Wisang Sanjanya melaluiYoutube UIN Sunan Kalijaga.

Berita Terpopuler