Latar Belakang

Hakikat  tujuan  pendidikan  tinggi  adalah  untuk  berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Selain itu, dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa.

Pembangunan manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudaya serta memiliki semangat kebangsaan, harus lahir dari pendidikan tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Perguruan tinggi yang kondusif akan mampu meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi di segala bidang.

Dalam konteks kekinian, perguruan tinggi harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), bakat minat dan  keahlian  mahasiswanya  dengan  penuh  tanggung  jawab.  Hal  ini penting, agar PTKIN dapat menghasilkan intelektual, ilmuwan dan kaum profesional yang berbudaya dan kreatif, serta mewariskan karakter yang tangguh,  toleran,  demokratis,  serta  berani  membela  kebenaran  dan keadilan untuk kepentingan bangsa.

PTKIN harus berkomitmen melakukan hal-hal konstruktif yang dapat dirasakan manfaatnya oleh anak-anak bangsa baik dalam pengembangan intelektualitas, profesionalitas, moral karakter dan akhlak serta pengembangan sosial kemasyarakatan. Dalam konteks ini, Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII menjadi salah satu solusi dan upaya strategis dan berkesinambungan. Melalui IPPBMM diharapkan makin suburnya kajian ilmiah keislaman dan riset mahasiswa yang semakin kreatif dan kompetetif, sehingga menghasilkan temuan-temuan baru (inovasi) yang berguna untuk masyarakat. Demikian pula dalam bidang olahraga dan seni, diharapkan dapat memacu civitas akademika PTKIN, untuk menggemari olah raga, mengembangkan budaya berkreasi dan bisa bersinergi dengan dunia perguruan tinggi umum lainnya.

IPPBMM merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi keilmuan, olahraga, seni dan riset bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. IPPBMM dilaksanakan secara multi-event yang diselenggarakan dua tahun sekali. Dengan demikian, IPPBMM dapat menjadi salah satu cara untuk memberikan pembinaan dan mencari mahasiswa unggul baik dalam prestasi akademik maupun keolahragaan dan seni. Selain itu juga, sebagai sarana memperkuat silaturahmi antar PTKIN dalam meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa yang ikut hadir dalam penyelenggaraan IPPBMM VIII Tahun 2021 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.