Sambutan Rektor

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT., Tuhan Yang Maha Pengasih, yang atas perkenan-Nya selalu memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita diberi kekuatan untuk menjalankan tugas dan amanah dalam pelaksanaan Kegiatan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun 2021 yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada sang Uswah Hasanah dalam bentuk perpaduan pikiran, ucapan, dan langkah dengan iringan doa dan usaha, semoga kita semua mampu meneladaninya. Aamiin.

Kegiatan IPPBMM VIII Tahun 2021 merupakan kegiatan dalam rangka ikhtiar mencerdaskan anak bangsa melalui berbagai kegiatan akademik maupun non akademik yang bertujuan agar mahasiswa sehat secara jasmani maupun rohani, mental dan spiritual. Mahasiswa  masa  depan  haruslah mahasiswa yang cerdas secara intelektual, moral-spiritual, emosional dan social, memiliki task skill, task skill managementcontigency management skill, job role/environment skill dan transfers skill. Sudah menjadi komitmen dari pemegang kebijakan di kementerian hingga insan akademik pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dari sisi akademik maupun non akademik.

Mahasiswa sebagai aktor utama, harus dibekali sejak dini dengan berbagai kegiatan yang mengarah pada penguatan kompetensi intelektual, sosial, dan spiritual melalui berbagai kegiatan ilmiah, olahraga, seni dan riset. Pada saat yang sama masyarakat Indonesia perlu dikenalkan betapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mempunyai komitmen yang tinggi pada pengembangan potensi mahasiswa yang terejawantahkan melalui berbagai event.

Selain sebagai ajang silaturrahmi, event ini dimaksudkan sebagai sarana strategis mengembangkan tradisi kegiatan ilmiah, olahraga, seni dan riset mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Sehingga diharapkan akan muncul olahragawan, seniman dan peneliti-peneliti muda yang ahli di bidangnya agar mampu berkontribusi pada pembangunan bangsa. Dengan demikian upaya membudayakan  kegiatan ilmiah, olahraga, seni dan riset pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dapat segera terwujud sejalan dibukanya akses yang luas dan peningkatan mutu pada bidang ini.

Semoga Allah SWT. meridoi segala aktivitas mulia kita semua yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia sekaligus meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Indonesia.

                 Yogyakarta, 15 Maret 2021
                 Rektor,
                 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

 

                 Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A.